Tak Berkategori

First step on my Wedding Plans

Welcome to my blog the bridezillas! Sore-sore gini lagi nganggur, kebetulan saya lagi cuti dari pekerjaan saya jadi punya banyak waktu kosong di rumah. Jadi saya putuskan untuk memulai menulis about my wedding plans. Happy reading gals!

Tepat setahun yang lalu orangtua suami saya datang ke rumah orangtua saya dengan maksud mewalikan suami saya untuk melamar saya. Disitu saya berpikir “Wah beneran mau nikahin gw nih laki.” hahahaha habis itu kebingungan, mau mulai darimana dalam mempersiapkan resepsi pernikahan. Yaaa disamping memikirkan mental siap ngga siap akan menikah muda sih hehehe. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu berkiblat pada resepsi pernikahan mewah, unik, ataupun fairytale. Entah kenapa kalau ditanya apa pernikahan impian saya, duh, ngga ada. Bingung euy, hahaha. Ngga pernah kebayang juga sih akan dilamar pacar di umur 21tahun dan melangsungkan akad nikah di umur 22 tahun. Jadi emang ngga pernah ngarep nikah muda apalagi mengkhayal akan seperti apa pernikahan saya kelak. So, saya hanya bermodal review dari para CaPeng lainnya di internet. Makanya nih saya bikin review juga karena saya merasakan kok haus akan review wedding vendor hehehe. Kalau dilihat kebelakang konsep pernikahan saya itu hmmm.. konsepnya yang penting murah dan menghilangkan yang tidak perlu-perlu banget. LOL. Intinya resepsi pernikahan saya biasa aja kok kalau dilihat-lihat tapi yaa tetap sakral dan berkesan untuk saya, suami dan keluarga 😀

Waktu awal-awal mempersiapkan resepsi saya dihadapkan dengan 2 pilihan yaitu, mau pakai paketan dari 1 vendor (Catering, Busana, Decor dll. jadi satu kesatuan dalam 1 vendor) atau mau pakai vendor masing-masing (individual) saja. Dan pilihan saya jatuh ke pilihan ke 2. Kedua pilihan tersebut ada kelebihan dan kekurangan masing-masing kok.

1.Wedding Vendor Paketan

(+) PRAKTIS! Sekali meeting sama marketing nya bisa banyak yang dibahas. Ngga perlu bolak-balik. Yaa kalaupun bolak balik juga kan ke satu tempat satu vendor aja sudah mencakup semua. Kamu juga ngga perlu pusing cari-cari vendor lain, karena disini paketannya biasanya sudah lengkap sesuai standard yang biasa ada di resepsi pernikahan.

(-) Sometimes paketan yang ditawarkan tidak sesuai yang kita inginkan. Bisa diatur itu semua tapi pasti akan dihitung penambahan paket dan dikit-dikit kena charge hehe. Misalnya paketan yang kamu ambil paket B dengan harga 170juta rupiah. Pas kamu dikasi tau dapat paket sanggar atau baju akadnya yang tidak sesuai dan kamu mau upgrade, bisa. Dengan biaya charge 12juta rupiah. Whaaaaaaaaddddd!? Belum lagi kalau banyak yang mau di upgrade. Jadi menurutku tidak bisa dikatakan murah juga sih kalau mesti banyak yang di upgrade. Tentu saja penambahan biaya juga akan semakin membengkak. Bleh!

2. Wedding Vendor Individual

(+) Kamu bisa memilih vendor apa saja yang kamu mau. Misalnya kamu suka dengan makanan Catering A, dan kamu suka sekali dengan riasan wajah dari sanggar B, terus Decorationnya dari sanggar C. Waaah semuanya cocok dengan selera kamu dan pastinya wedding dreams kamu lebih mudah terwujud. Jangan lupa cocokkan dengan budget kalian! Itu hal yang paling penting.

(-) Agak capek sih memang bulak-balik ke berbagai macam vendor berbeda. Dan kita harus memastikan satu-persatu vendor tersebut rekanan dengan Gedung atau tempat yang akan kita gunakan atau tidak. Karena biasanya pihak Gedung akan meminta charge jika vendor yang kamu gunakan tidak memiliki kerjasama dengan gedung tersebut.

 

Untuk saya pribadi ada 4 pilar utama dan penting untuk dipikirkan duluan dibanding perintilan lainnya dalam wedding, yaitu:

Venue/Gedung Pernikahan, hal ini berkaitan dengan kapan akan dilaksanakannya pernikahan kamu itu. Karena sekarang ngantri gedung itu ada yang sudah booking dari setahun sebelumnya lho! Jadi itu pilihan kamu, mau kamu yang mengikuti pilihan tanggal  dari Gedung pilihan kamu. Atau mau cari Gedung yang available sesuai tanggal pilihan kamu. Biasanya orang jawa yang masih menganut ‘pakem’ nya adat jawa, untuk menentukan tanggal baik pernikahan harus dihitung dulu, If I’m not mistaken semacam primbon gitu yaa? Karena pasti wejangan dari sesepuh untuk menikah ditanggal yang sudah dihitung (diperkirakan sebagai tanggal/hari baik). Mau tidak mau harus cari Gedung yang available dengan tanggal baik tersebut.

Catering, ini penting banget gals! Ngga mau dong kalau tamu-tamu undangan ngga menikmati lezatnya catering di wedding kamu. Walaupun lidah setiap orang beda-beda selera yaa. Tapi jangan sampai sesaat setelah acara selesai ada omongan kalau catering pilihan kamu ngga enak makanannya. Duh pasti bete banget ya, kalau saya sih bete karena Happy tummy is important things! Dan kalau makanannya enak-enak bisa merubah mood tamu undangan jadi makin senang mendatangi acara wedding kita kan. Siapa setojooooo?? 😀

Decoration, meski dekorasi pernikahan hanya bisa dinikmati secara langsung tak lebih dari 7 jam lamanya (terhitung dari upacara akad nikah hingga selesai resepsi) tapi hal ini ngga kalah penting lho. Kenapa? karena dekorasi cantik pernikahan kamu bisa kita nikmati lewat hasil photography di wedding kamu. Dan ini untuk jangka panjang jelas bisa melihat dekor pernikahan yang diabadikan lewat foto. Orang-orang yang hadir pun pasti mood nya jadi ikutan happy kalau melihat dekorasi kita, ngga perlu mewah ala-ala royal wedding gitu, yang penting dekornya cantik dan cocok dengan konsep yang kita inginkan.

Sanggar, ini sudah pasti semua CaPeng pasti setuju sengan saya. Memilih sanggar tidaklah mudah sayang… kita sebagai perempuan pastinya ingin tampil cantik (selalu) apalagi di hari besar kaya pernikahan begini. Pilih sanggar yang cocok dengan selera kamu. Baik dalam pemilihan busana untuk kamu dan pasangan (jika kamu lebih memilih menyewa busana di sanggar), busana seragam untuk keluarga besar, dan terutama make-up look. Pilih yang sesuai dengan karakter kamu, dan yang pasti yang membuat kamu makin cantik dan jadi percaya diri dengan make-up dari sanggar tersebut.

Adanya 4 pilar tersebut bukan berarti menjadikan elemen lainnya ngga penting lho yaaa. Penting juga, hanya saja saat ingin mulai menyicil dalam mempersiapkan resepsi pernikahan dapat didahulukan dengan 4 elemen tersebut. Sooo, gimana sudah ada gambaran mau mulai persiapan dari mana kah? Goodluck for all the bridezilla in the world in planning your wedding party! Kiss kiss from me, mwachhh :*

Tinggalkan Balasan

