Tak Berkategori

Review Vendor: Gedung Patra Jasa Simprug

Haiiii Happy Weekend to you all! Kali ini saya akan memberikan review seputar  venue/tempat pernikahan saya. Nah bagi temen-temen yang lagi bingung  milih gedung nikah atau venue nikahnya dimana, saya ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu meringankan kebingungannya yaah hehehe.

  1. Pilih tempat sesuai konsep yang kamu inginkan dan budget yang affordable untuk kamu! Kalo kamu suka konsep outdoor atau garden party yang jelas ngga mungkin di gedung-gedung dong yaaa pastinya.
  2. Sebelum memilih venue ada baiknya berdiskusi dengan orangtua terlebih dahulu. Karena biasanya kalau ada CaPeng yang ingin melaksanakan resepsi bertema Garden Party which is… di atap terbuka, biasanya orangtua dan para sesepuh (Pakde, Bude, Eyang) suka komplain. Yang dikhawatirkan adalah “Kalau hujan gimana!? Kasian lho Eyangmu ini. Terus nanti kalau Eyang kepanasan gimana!?”. Ada juga yang… “Kan susah jalan di rumput pakai heels. Lagian Eyang nanti susah jalannya pakai tongkat/kursi roda. Udah yang praktis aja di gedung/hotel yang atapnya ngga terbuka!” Ya tapiii kalau teteuppp keukeuhh mau di outdoor ya monggooo, paling hanya harus merogoh kocek lebih untuk sewa ini itu demi menunjang pernikahan di alam terbuka. Ngga apa apa selama tabungan mu cukup, chuuuzzz! :p
  3. Buat beberapa option. Maksimal 4 pilihan tempat deh, boleh gedung/hotel/restaurant outdoor.
  4. Pilih lokasi strategis. Memang agak susah yaa mencari lokasi yang terhindar dari macet. Tapi paling tidak lokasi nya mudah dicari, familiar tempatnya (maksudnya orang mudah tau), dan jangan jauh-jauh banget. Biasanya yang dinilai jauh dan butuh effort untuk ke lokasi itu yang di daerah Bogor, BSD, dan Taman Mini. Mungkin karena akses ke lokasi tersebut harus lewat toll kali yaaah, dan sekarang weekend pun toll juga selalu macet huhuhu
  5. Pastikan saat kamu memilih lokasi, kamu observasi dulu segala detail teknis yang ditawarkan dari venue tersebut. Dengan harga yang ditawarkan fasilitas apa saja yang akan kamu dapat. Jangan sungkan untuk bertanya ya, kita memang harus bawel!
  6. Dan pastikan venue tersebut memiliki daftar rekanan dengan vendor wedding lainnya. Supaya kamu jadi mudah dalam memilih vendor-vendor lainnya. Biasanya venue/gedung tersebut memiliki beberapa rekanan lengkap dengan brosur dari vendor tersebut. Jadi lumayan banget kan, yang tadinya kita belum tau ada vendor apa saja sekarang jadi lebih mudah deh 🙂
  7. Ah.. jangan ketinggalan jumlah tamu undangan yang kira-kira akan kamu undang. Yaa ini sih bisa disesuaikan dengan venue nya, kalau kamu mengundang 700-1000 orang biasanya pilihan cenderung ke hotel/gedung. Kalau hanya dibawah 500 orang masih memungkinkan di venue outdoor yang tidak membutuhkan tempat terlalu luas.

Tips diatas saya simpulkan dari pengalaman banyak orang disekitar saya yang sudah pernah merasakan rasanya-pusingnya memilih gedung nikahan. Maaf-maaf yaa kalau ada kurang-kurang namanya juga based on event hihihi.

Nah, kalau saya pribadi membatasi pilihan venue saya. To be honest, Im one of outdoor wedding  party admirer. Ngaku deh pasti kebanyakan perempuan juga kan!? Kayaknya cantik, warm aja gitu ambience yang didapat dari outdoor party dan yang lebih intimate (sedikit tamu undangan). One of my favorite is the wedding on “About Time” movie. Buuuut Im just gonna be realistic. Kayaknya susah ya cari tempat yang bisa outdoor, cukup luas, ngga panas, ngga kehujanan, harganya murah lagi. Hahaha banyak mau banget sih! Mungkin saja, asal dengan effort yang lebih mungkin bisa hihi. Tapi kalau saya memilih untuk di gedung saja deh. Belum mikirin yang lain jadi cari yang praktis saja perihal memilih gedung. Ada beberapa option yang saya miliki, dan semuanya Gedung ngga ada yang outdoor/restaurant/hotel.

  • Gedung Auditorium PTIK. Menurut saya Gedung ini mudah dicari karena terletak di Jakarta Selatan. Tepatnya di daerah Blok M, dekat dengan jalan layang antasari. Kawasan PTIK ini luas, ada wisma nya juga untuk menginap. Bahkan di dalam gedung pernikahannya ada ruangan rias untuk pengantin wanita yang dilengkapi dengan tempat tidur lho! Ada ruang tamu juga untuk keluarga menunggu disana. Luas gedung Auditorium PTIK terbilang cukup luas, hanya saja posisi denah bangunannya miring gitu. One of my friend, married disini, dia booking Gedung ini sudah dari akhir tahun 2014 dengan harga Rp. 25.000.000,- untuk digunakan pada Mei tahun 2015. Saat saya survey di awal tahun 2015, harga Gedung PTIK sudah naik menjadi Rp. 30.000.000,-. Saya ngga punya duiiit segitu banyak hanya untuk sewa tempat beberapa jam huhuhu akhirnya saya coret PTIK dari option karena harganya yang ngga cucoook sama kantong saya.

 

  • Gedung Graha Jala Puspita. Gedung ini letaknya di Jalan Gatoet Soebroto, kalau ada yang tau LADOKGI nah gedung ini terletak di sebelahnya persis. Saya pernah kesana waktu nikahan sepupu dari Suami, pokoknya dekat daerah benhil deh saya kurang begitu ingat jalurnya hanya ingat gedungnya saja. Gedung ini punya interior tangga yang kalau untuk saya lumayan membuat gedung ini jadi mewah. Karena tangga nya guedeeee, kita bisa lihat saat mulai memasuki gedung. Bagus deh pokoknya buat di foto maaah, hehehe 😛 Gedung ini cukup luas cuma banyak pilarnya, jadi kaya agak terbatas aja gitu geraknya. Pada saat saya survey tahun 2015 awal harga gedung ini cukup murah bila dibanding dengan PTIK, harganya Rp. 15.000.000,- if Im not mistaken sekitar segitu. Sekarang 2016 baru update harganya sudah naik menjadi Rp. 17.500.000,-. Bagaimana tertarik?

 

  • Gedung Aula Buya Hamka Al-Azhar Blok M. Letaknya di kawasan Al-Azhar Blok M, lokasi mudah dicari dan strategis. Harga gedung juga cukup terjangkau sekitar hampir Rp. 12.000.000,-. Gedung pernikahannya terletak dibelakang dan dibawah masjid (hampir mirip seperti di Masjid Pondok Indah), luas gedungnya sempit dan ceiling nya pendek. Waktu saya survey ke lokasi, sedang ada resepsi berlangsung jadi terasa banget sempitnya gedungnya itu. Dan ada acara keagamaan yang sedang berlangsung sepertinya. Karena banyak sekali mba-mba dan mas-mas yang pakai pakaian syar’i membawa ransel dan buku-buku keluar dari gedung kampus yang terletak dekat pintu masuk gedung resepsi juga. Dan jika kamu ingin melaksanakan akad di masjid Al-Azhar tersebut, kamu harus mengikuti jadwalnya agar tidak mengganggu waktu ibadah dan ada biaya tambahan sekitar Rp. 500.000,-

 

  • Gedung Patra Jasa Simprug. Atau biasa dikenal juga dengan Gedung Pertamina Simprug. Menurut saya gedung ini mudah dijangkau, karena tinggal luruuuuus aja. Dekat dari Senayan, Pondok Indah, dan daerah dari arah Jakarta Barat. Gedung ini terletak di daerah simprug, kalau dr Pondok Indah gampang banget tinggal lurus aja melewati Gandaria City Mall, BINUS School Simprug, tepat sebelum tikungan ke jalan layang permata hijau sebelah kiri gedungnya nyempillll hehehe. Saya suka gedung ini karena aksesnya mudah, gedungnya luaaas lumayan tapi lebih luas PTIK, ceilingnya tinggi sekali dan ada chandelier cantik, panggung untuk pelaminan tinggi dan lebar, parkiran cukup luas, ada wisma juga di belakang gedung untuk menginap, daaaan HARGANYAA MURAH!! Saya hanya mengeluarkan Rp. 10.850.000 itu saya booking di tahun 2015 yaaa. Sebenarnya dari nominal tersebut ada uang garansi didalamnya, senilai Rp. 900.000,- jadi nanti selesai acara kalau kamu ngga ada penambahan charge apapun yg melibatkan gedung uang jaminan akan dikembalikan. So, sebenarnya biaya gedung adalah RP. 9.950.000,-. Jika ingin melaksanakan akad di depan pelaminan (seperti di foto saya) ada charge tambahan Rp. 600.000,- tapii Gedung juga memperbolehkan melaksanakan akad di sisi sayap gedung dengan gratis. Kekurangan gedung ini adalah daerah macet hehe karena letaknya didekat pintu masuk jalan layang permata hijau. Dan pernah ada teman yang cerita bahwa disini dikit-dikit kena charge termasuk seperti sewa mic, penambahan listrik dan sarung untuk kursi. Tapi Alhamdulillah saya tidak merasakannya. CP: Ibu Silvy/Bpk Heri 021-7250500. Karena ini gedung pilihan saya, saya kasih lihat beberapa foto tampilan dalam gedungnya okee 🙂

 

IMG_2641
Chandelier
IMG_2638
Tampak depan
IMG_2637
Closer
IMG_2632
Dari sudut pintu utama gedung
IMG_2630
Dari sudut lantai atas
Tinggalkan Balasan

